banner ilmuphotoshop

Cari Blog Ini

Sabtu, 29 Oktober 2011

Apakah Anda terbiasa Menunda-nunda ?



Hambatan yang paling utama untuk pencapaian keberhasilan adalah kebiasaan untuk menunda-nunda. Sebuah kebiasaan yang akan membuat kita berucap, ”Jangan sekarang. Nanti saja. Tunggu waktu yang tepat.”
Yang tidak pernah dapat kita pahami adalah waktu yang tepat adalah Sekarang. Mulailah sekarang, dan anda akan berhasil. Jika anda terus menunggu waktu yang tepat di masa depan yang kabur, anda akan terus menunggu tanpa ada kepastian kapan waktu yang tepat itu tiba.
Setelah mengetahui siapa musuh anda, maka selanjutnya anda dapat bersiap-siap untuk menghadapinya. Kebiasaan menunda tidak hanya muncul, namun akan tinggal sampai anda mampu mendorongnya menepi. Adalah tugasnya untuk menahan anda, tidak membiarkan anda melangkah lebih jauh menuju ke tujuan dan keberhasilan yang sedang menanti di depan sana.
Berikut ini akan dibahas tiga penyebab utama kebiasaan menunda-nunda dan bagaimana cara menghadapinya.

  1. Menunggu Waktu yang Tepat
Saat kita sedang mengerjakan proyek atau tugas yang penting, kita kadang merasa ini bukan waktu yang tepat. Kadang-kadang kita merasa ada beberapa persiapan penting yang belum dikerjakan, atau kadang berpikir akan ada orang lain yang akan mendukung di belakang.
Solusi : Pahamilah bahwa tidak ada waktu yang lebih baik selain SEKARANG. Jika anda ingin memulai proyek baru, mulailah. Kumpulkan tim anda, buat rancangan kerja dan kerjakan. Jika ingin memulai hobi baru, beli perlengkapan yang dibutuhkan, cari guru atau buku petunjuk dan mulailah. Jangan tunggu sampai minggu depan.

  1. Ketakutan
Kadang-kadang kita tidak melakukan hal yang harus kita lakukan karena takut melakukan kesalahan / kegagalan. Kita sangat butuh dukungan dan terus menunggu hingga bantuan itu muncul. Dan akibatnya kita tidak kunjung memulai.
Solusi : Lawanlah rasa takut itu dan anda akan menang. Apa hal terburuk yang terjadi jika anda gagal? Paling juga harus memulai dari awal lagi. Dan itu bukanlah buang-buang waktu.
Sebuah puisi kaum Urdu berbunyi,
“Kenapa takut gagal? Bahkan kegagalan yang terburuk akan memberi anda pengalaman.”
Edison gagal, dan kita terus mengingatnya karena dia tidak takut gagal dan terus berusaha (bahkan bertahun-tahun) sebelum akhirnya berhasil.

  1. Tidak dapat Memutuskan
Seringkali terjadi saat kita sudah siap dan bersemangat untuk melakukan sesuatu, namun tiba-tiba kita terhambat dan tidak tahu harus berbuat apa. Para penulis menderita ‘kekosongan inspirasi untuk menulis’, bahkan banyak orang yang memainkan gitar namun tidak belajar lebih dari kunci G, C, dan D (apalagi membuat lagu). Programer komputer mengalami ’mati ide’. Hal ini adalah lumrah dan dialami bahkan oleh para ahli. Ada yang berhasil mendapatkan solusi, namun kebanyakan kita jadi tidak bersemangat dan kehilangan minat untuk mencapai tujuan.
Solusi : Carilah teman atau pembimbing di bidang yang sama sehingga dapat membantu saat anda butuh penyegaran untuk inspirasi yang baru. Buat juga rencana dan rancanglah petunjuk kerja dengan tenggat waktu. Rencanakanlah dengan baik.

Tiga hal tersebut di atas adalah penyebab utama kebiasaan menunda-nunda. Belajarlah untuk melawannya. Jangan biasakan duduk diam tanpa melakukan hal-hal yang berguna. Buatlah jeda waktu dan tenggat untuk masing-masing pekerjaan yang harus anda lakukan setiap hari dan patuhi.


--- Aditya Joshi

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More